PExPYnl7KTBHiBLGWEu5c6K16sHSxZWZXF94NXP7

Pakar Ayam Cemani !!! Menyediakan Ayam Cemani Berkwalitas untuk syarat & keperluan ritual juga menyediakan berbagai ayam hias lainnya [ Ayam Kate/Serama, Ayam Kapas, Ayam Tulak, Ayam Putih Mulus, Ayam Tukung, Ayam Walik, Ayam Cemara ( NB. kami pernah diliput TRANS Media ], dan lain lain. Berkwalitas, unik di jamin hoki. Siap kirim ke seluruh Indonesia via jalur darat & udara | Referensi Terpercaya Ayam Cemani untuk kebutuhan dan hobi | www.IshakCemani.com | Fast Respon TELEPON LANGSUNG.
Chats Me 👇
Chats Me 👇
Fast Respon

Ayam Kedu


Ayam Kedu Merah
Ayam Kedu Merah

Sobat para penghobi unggas pasti tahu yang namanya Ayam Cemani, unggas asli yang konon berasal dari Jawa Tengah tepatnya daerah Kedu - Temanggung ini merupakan maskot yang terkenal di berbagai negara baik di Asia, Amerika dan Eropa bahkan hampir setiap negara mengenal dan tahu akan ayam ini. Banyak yang mengagumi keindahan fisik ayam Cemani yang sangat fantastis sehingga tetap menjadi primadona sepanjang masa.
Namun ada ayam jenis lain yang berasal dari daerah yang sama, dan ayam yang satu ini juga cukup terkenal. Namanya adalah Ayam Kedu, unggas yang satu ini meski banyak diminati namun jarang pula orang mengetahui ayam jenis ini. Dari bentuk fisik hampir menyerupai ayam Cemani dari besar dan bobotnya pun sama.

Ada yang membedakan dari dua jenis ayam ini dan ciri ciri tersebut begitu spesifik, sehingga sobat mudah untuk membedakan antara ayam Cemani dan ayam Kedu. Sebelum kita membahas ciri ciri dan perbedaan ayam Cemani dan ayam Kedu, mari kita simak terlebih dahulu apa sih ayam Kedu?

Ayam Kedu adalah unggas lokal asli Indonesia sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari Kedu tepatnya didaerah Temanggung Jawa tengah. Ayam ini termasuk ayam hias yang sangat diminati dan juga termasuk unggas yang hanya dimiliki oleh orang orang dari golongan tertentu saja yang bisa memiliki ayam ini. Ayam Kedu di bagi menjadi 2 yaitu ayam kedu merah dan ayam kedu putih. Berbeda dengan ayam Cemani yang memiliki bulu, paruh, langit langit, kerongkongan, mata, daging bahkan sampai tulangnya berwarna hitam. 

Ciri ciri Ayam Kedu Merah

    1. Pada bulu seluruhnya berwarna hitam 

    2. Pada bagian cengger berwarna merah terang, tebal dan bergerigi, ada juga yg sumpel dan sanggar
 
    3. Bagian Paruh berwarna semu kehitaman dan ujungnya berwarna kekuningan atau abu abu

    4. Langit langit biasanya berwarna putih atau merah muda

    5. Memiliki kulit yang berwarna putih

    6. Telapak kaki berwarna keabuan namun ada juga yang berwarna kuning

    7.  Daging berwarna putih dan rasa dagingnya sama seperti dengan ayam kampung

    8. Memliki mata yang hitam namun pada lingkar mata berwarna merah atau kekuningan

Ciri Ciri Ayam Kedu Merah
Ayam Kedu Merah

Sedangkan Untuk Ayam Kedu putih memiliki Ciri Ciri sebagai berikut :
   

  1. Memiliki bulu berwarna putih keseluruhan
    
    2. Cengger berwarna merah dan bergerigi ada juga yang berbentuk sumpel ataupun sanggar
    
    3. Paruh berwarna putih atau kekuningan
  
    4. Mata berwarna putih dan memiliki lingkar mata kuning, sedikit kemerahan, atau semu putih
     
    5. Langit langit dan kerongkongan berwarna merah muda

    6. Memliki kulit yang berwarna putih

    7. Telapak kaki berwarna putih, kuning atau keabuan
     
    8. Daging berwarna putih dan rasa dagingnya pun juga sama seperti ayam kampung

Ayam Kedu Putih
Ayam Kedu Putih

Banyak orang mengira bahwa ayam kedu itu adalah ayam cemani, padahal sudah jelas dari segi ciri fisik sangatlah berbeda, hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan serta kurangnya informasi yang memberikan pemahaman tentang ayam Kedu dan beragam informasi yang salah yang tersebar di internet. Jadi dapatkanlah informasi dari sumber yang benar dan akurat agar dapat menambah wawasan kita tentang uniknya unggas lokal asli Nusantara kebanggaan Indonesia. 

Salam hangat penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot
Ishak Juragan Cemani Juragannya Cemani Indonesia, Pakarnya Ayam Cemani

Keunikan Ayam Kedu


   
     
Kata Terkait :

Perbedaan ayam kedu, jenis jenis ayam kedu, ciri ciri ayam kedu, asal mula ayam kedu, ayam kedu merah, ayam kedu putih, ayam kedu kuning, ayam kedu hitam, ayam kedu coklat, ayam cemani, fisik ayam kedu, sejarah ayam kedu, asal usul ayam kedu, ayam kedu, ayam lokal kedu



 

Posting Komentar