Beranda

Senin, 04 Februari 2019

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro/Rajeg Wesi

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro

Siapa yang tak tahu ayam Cemani, ayam hias asli nusantara ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulu kala. Ketenaran ayam Cemani sudah meluas ke seluruh dunia, sejak zaman dahulu ribuan tahun yang lalu ayam ini sudah sangat terkenal bahkan sebelum era kerajaan majapahit. Pastinya jauh sebelum kita lahir unggas yang satu ini sudah melejit namanya di seluruh negeri.
Ada beberapa jenis ayam Cemani yang tentunya sobat semua belum mengetahui jenis tersebut. Kebanyakan orang, hanya mengetahui satu saja jenis ayam ini, karena beberapa jenis ayam cemani tersebut sangat langka dan sangat jarang sekali kita jumpai. Hal ini disebabkan juga karena sangat jarang juga orang yang memiliki ayam cemani jenis lainnya.

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro


Salah satu ayam cemani yang jarang diketahui adalah ayam cemani Rajeki Sodomoro, ayam cemani jenis ini tentunya sudah sangat langka. Ciri khas dari ayam cemani jenis ini memiliki tubuh yang hitam, dari mulai kulit, paruh, cengger, kaki serta daging yang hitam. Nah ciri khas yang paling mencolok dan membedakan ayam cemani ini dari cemani lainnya adalah mempunyai bulu yang seperti jarum atau batang lidi.

Hal ini membuat ayam ini semakin banyak digandrungi masyarakat kita, namun karena jenis ini sangat langka ayam ini sangat susah sekali untuk didapatkan. Produksi ayam cemani jenis ini juga tidaklah banyak, kalau induknya mengerami telurnya sering sekali tidak menetas karena suhu yang kurang hangat akibat bentuk bulunya yang seperti jarum atau batang lidi.

Hanya dimiliki oleh orang tertentu

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro, hanya dimiliki oleh orang orang tertentu saja pada zaman dahulu yaitu hanya dari golongan kerajaan, bangsawan, dan juga konglomerat karena harganya yang tinggi. Harga yang tinggi disebabkan ayam Cemani jenis ini jarang dijumpai, bahkan sampai sekarang hanya orang orang tertentu saja yang bisa memiliki ayam cemani Rajeki Sodomoro yaitu orang orang yang beruntung.

Nenek Moyangnya Ayam Cemani

Menurut legenda, Ayam Cemani Rajeki Sodomoro berasal dari hasil perkawinan antara lelembut Kedu dengan ayam kampung sehingga menghasilkan Ayam Cemani jenis ini, dari sinilah cikal bakal adanya  ayam cemani dan ayam Cemani jenis lainnya.

Sebagai Sarana Ritual

Ayam Cemani Rajek Sodomoro

Masyarakat Jawa pada zaman dahulu sering menggunakan Ayam Cemani ini sebagai sarana ritual untuk persembahan yaitu acara syukuran dan selamatan acara acara tertentu seperti ketika ada yang menjadi Lurah, Gubernur, Camat, dan pejabat. Ini adalah sebuah rasa wujud rasa syukur atas keberhasilan dan kesuksesan serta atas wujud terima kasih atas rahmat dan anugrah dari semesta.

Sebagai Pagar Gaib

Karena Ayam ini memiliki nama rajek yang berarti pagar, beberapa orang tertentu mempercayai ayam cemani rajeki sodomoro sebagai penolak bala dan menjauhkan dari hal hal yang tidak diinginkan. Biasanya orang orang memelihara ayam ini di pekarangan rumahnya dan seiring berjalannya waktu hal ini dimanfaatkan oleh para dukun berkedok ustadz atau kyai untuk cari keuntungan.

Sebagai pembawa hoki

Tak dapat dipungkiri memelihara ayam cemani ini memang dapat memberikan rejeki, dan keberuntungan. Jika kita merawatnya dengan sangat baik dan tekun semesta pasti akan ikut bekerja dan meng-anugrahkan dengan berkelimpahan.

Itulah seputar tentang Ayam Cemani Rajeki Sodomoro, salah satu jenis ayam cemani yang sangat langka yang menjadi primadona dan kebanggaan Nusantara.

Salam penuh berkah dan rahmat dari alam semesta, Ishak Juragan Cemani, Juragannya Cemani Indonesia, Pakarnya Ayam Cemani..
Facebook : Ishak Juragan Cemani

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro


Kata Terkait :

Sejarah ayam cemani, asal usul ayam cemani, mitos ayam cemani, asal mula ayam cemani, riwayat ayam cemani, jenis-jenis ayam cemani, macam-macam ayam cemani, jenis ayam cemani, ayam cemani biasa, ayam cemani asli, ayam cemani walik, ayam cemani rajeg, ayam cemani bulu besi, ayam cemani bulu lidi, ayam cemani wilah, ayam cemani sumpel, ayam cemani putih, ayam cemani mahkota, ayam cemani, ayam cemani sanggar delima, ayam cemani jepun, ayam cemani tanpa bayangan, ayam cemani darah hitam, obral ayam cemani, ayam cemani harga murah, harga ayam cemani, manfaat ayam cemani, daging ayam cemani, ayam cemani istimewa, ternak ayam cemani, kegunaan ayam cemani, ayam cemani istimewa, memberi pakan ayam cemani, merawat ayam cemani, memelihara ayam cemani, ternak ayam cemani

1 komentar:

Pemainayam.net mengatakan...

Streaming Sabung Ayam Online

#streamingsabungayam #sabungayamonline #caradaftars128