Beranda

Senin, 12 April 2021

Jenis Jenis Ayam Cemani

Ayam Cemani

Ketika kita berbicara tentang Ayam Cemani, pasti banyak dari sobat yang identik dengan dunia gaib apa lagi orang orang yang masih awam pasti berpikirnya tidak jauh dari hal mistik. Memang unggas yang satu ini begitu sangat mengesankan banyak orang sehingga banyak beraneka ragam cerita yang disematkan tentang ayam ini.

Ada beberapa jenis ayam Cemani yang belum banyak diketahui orang, ayam ini memiliki ciri khas yang sangat unik dan juga sangat menarik. Sehingga membuat banyak orang jatuh cinta akan sosok maha karya semesta yang indah ini. Kali ini kita akan membahas satu persatu aneka ragam jenis ayam Cemani yang akan menambah rasa ketertarikan kita akan plasma nutfah asli Nusantara, sehingga sangat menarik untuk dibudidayakan.

1. Ayam Cemani Rajeki Sodomoro / Rajeg Wesi

Sebagian orang atau mungkin hampir 90% belum pernah mendengar jenis ayam Cemani ini, ayam Cemani ini memiliki ciri khas yang unik yaitu bulu yang seperti batang lidi atau jarum. Keberadaan ayam ini sangat langka, dan menurut legenda inilah yang disebut moyang-nya ayam Cemani.

Ayam Cemani Rajeki Sodomoro/Rajeg Wesi

                     

 2. Ayam Cemani Walik

Termasuk salah satu jenis ayam Cemani yang juga sudah langka, memiliki ciri khas bulu yang berbentuk keriting terbalik. Penampilannya garang dan terkesan seram namun sangat cantik.

Ayam Cemani Walik 

3. Ayam Cemani Bulu Normal Atau Biasa

Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui dan melihat ayam Cemani jenis ini, karena ayam Cemani bulu normal paling mudah dan paling sering kita jumpai. Meski ayam ini sudah banyak diketahui, namun tetaplah sangat mengagumkan sehingga banyak digemari para penghobi.

Ayam Cemani Bulu Normal

4. Ayam Cemani Cengger Sumpel

Ciri khas ayam ini memiliki cengger yang seperti bunga namun kecil, ayam Cemani jenis ini juga cukup jarang kita jumpai karena termasuk jenis yang jarang ada. Kebanyakan orang awam akan berasumsi ayam Cemani jenis ini sudah campuran dengan ayam kampung, namun sejatinya tidaklah benar. Ayam Cemani jenis ini adalah ayam Cemani asli, dan bukan jenis yang sudah dikawin silang. Namanya juga orang awam pasti akan berpendapat sesuka hati mereka.

Ayam Cemani Cengger Sumpel

5. Ayam Cemani Sanggar Delima

Sobat tentunya juga sangat asing dengan nama ayam Cemani ini, apa ciri khas ayam Cemani tersebut????? Ciri khas ayam ini memiliki bentuk Cengger yang menyerupai kembang mawar dan berbeda dengan cengger sumpel yang kecil, ayam Cemani Sanggar Delima memiliki Cengger kembang mawar dan bentuknya besar. Ini juga salah satu jenis yang sangat langka.

Ayam Cemani Sanggar Delima

6. Ayam Cemani Jepun

Ayam Cemani Jepun juga sangat jarang diketahui orang, jenis yang satu ini juga sangat langka dan sangat jarang ada. Ciri ciri ayam ini memiliki bulu yang lembut seperti kapas, dan tentunya dalam satu ternak atau peranakan, belum tentu menghasilkan ayam Cemani  

 

Ayam Cemani Jepun

Itulah beberapa jenis ayam Cemani yang belum banyak diketahui dan tentunya membuat kita semua semakin penasaran dan ingin menambah koleksi yang sangat unik ini agar semakin lengkap dan bahagia dihati.Mari kita rawat dan kita jaga plasma nutfah anugrah alam semesta ini agar tidak punah demi generasi dan anak cucu kita. 

Salam hangat penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot

Ishak Juragan Cemani Juragannya Cemani Indonesia Pakarnya Ayam Cemani.

Facebook : Ishak Juragan Cemani

IG: @ishakcemani

Jika sobat ingin memiliki ayam eksotis dan sangat menarik ini dengan harga sangat murah, sobat bisa mendapatkannya hanya ada disini.

Kata Terkait :

Sejarah ayam cemani, asal usul ayam cemani, mitos ayam cemani, asal mula ayam cemani, riwayat ayam cemani, jenis-jenis ayam cemani, macam-macam ayam cemani, jenis ayam cemani, ayam cemani biasa, ayam cemani asli, ayam cemani walik, ayam cemani rajeg, ayam cemani bulu besi, ayam cemani bulu lidi, ayam cemani walik, ayam cemani wilah, ayam cemani sumpel, ayam cemani putih, ayam cemani mahkota, ayam cemani, ayam cemani sanggar delima, ayam cemani jepun, ayam cemani tanpa bayangan, ayam cemani darah hitam


 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar: