Beranda

Selasa, 19 Juli 2022

Mengenal Ayam Bekisar

Siapa yang tak kenal dengan unggas yang satu ini !!! Salah satu unggas yang sangat populer di kalangan para penghobi yang tentunya banyak sekali pelihara dan di jadikan hiasan pekarangan. Keindahan warna yang istimewa dan bentuknya yang gagah namun anggun membuatnya begitu sangat berharga. Salah satu plasma nutfah anugrah semesta yang di hasilkan dari kreasi orang orang cerdas dari negeri kita tercinta dan bahkan ayam yang satu ini juga sangat di gemari di luar negeri.

Ayam Bekisar

Nama hewan ini adalah Ayam Bekisar, seperti apakah ciri cirinya dari salah satu ayam yang sangat fenomenal tersebut, mari kita bahas secara detail tentang keindahan salah satu legenda yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Ayam Bekisar adalah hasil perkawinan silang antara Ayam Hutan Hijau jantan dalam bahasa latinnya Gallus varius dengan Ayam Kampung betina / ayam buras yang dalam bahasa latin adalah Gallus gallus domesticus. Dari hasil kawin silang inilah tercipta unggas yang begitu cantik dan sangat fenomenal yang memiliki warna warna yang sangat unik dan indah khususnya pada ayam bekisar jantan.

Baca juga : Ayam Tulak

Bentuk ayam bekisar tidak jauh berbeda dengan induk penjantannya yaitu ayam hutan hijau. Namun dari segi warna ayam bekisar memiliki warna yang lebih bervariasi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan ayam hutan hijau sendiri. Dari hasil perkawinan silang terkadang menghasilkan ayam bekisar berwarna merah, oranye, kuning, wido, jali ( sekul ) putih, abu abu dan bahkan ada yang berwarna hitam yang di sebut juga bekisar cemani yaitu hasil perkawinan silang antara ayam hutan hijau jangan dengan ayam cemani betina

Warna yang anggun dan kemilau yang sangat indah memiliki nuansa eksotis tersendiri yang tentu saja membuat decak kagum para penghobi unggas khususnya ayam bekisar. Suara kokok ayam yang satu ini juga sangat merdu, banyak dari pemacek bekisar tujuannya utama adalah untuk mendapatkan kokok yang lebih indah.

Baca juga : Ayam Rajeg Wesi

Suara kokok ayam bekisar mirip dengan indukan penjantannya namun ada yang perbedaan yang sangat menonjol. Suara kokok ayam hutan hijau terdengar lebih cempreng dan lebih kecil sedangkan pada ayam bekisar suara kokoknya lebih lantang, lebih nyaring, lebih keras dan lebih ngebass di bandingkan ayam hutan hijau. Dan pastinya memiliki nilai lebih pada ayam yang satu ini.


Ayam Bekisar

Pada bulu leher ayam bekisar berbentuk bulat atau lonjong pada bagian ujungnya sama seperti ayam hutan hijau dan tidak berbentuk lancip seperti ayam kampung jika di lihat dari keduanya akan tampak sekali perbedaan pada bentuk bulunya. Itulah keunikan dan ciri ciri ayam bekisar unggas yang berasal dari propinsi Jawa Timur ini tepatnya di pulau Kangean Kabupaten Sumenep ini yang sudah menjadi maskot sejak dulu dan tentunya sudah tak asing lagi di kalangan para penghobi.

Pada kesempatan selanjutnya jika memang beruntung, kita akan membahas tentang berbagai jenis ayam bekisar.

Salam sejahtera penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot.

Ishak Juragan Cemani, Juragannya Cemani Indonesia Pakarnya Ayam Cemani
Instagram : @ishakcemani

Kata Terkait :

keunikan ayam bekisar, ayam bekisar jantan, ayam bekisar betina, macam macam ayam bekisar, jenis jenis ayam bekisar, karakter ayam bekisar, ciri ciri ayam bekisar, warna ayam bekisar, ayam bekisar jalak, ayam bekisar putih, ayam bekisar abu abu, ayam bekisar jali, ayam bekisar lurik, ayam bekisar merah, ayam bekisar oranye, ayam bekisar hitam, ayam bekisar cemani, suara ayam bekisar, kokok ayam bekisar, bibit ayam bekisar, jual ayam bekisar, beli ayam bekisar, ternak ayam bekisar, harga ayam bekisar, kandang ayam bekisar, ayam hutan, ayam hutan hijau, ayam cemani, ayam tulak, ayam tukung ayam walik, ayam putih, ayam mata putih, ayam paruh putih, ayam kaki putih, ayam itali, ayam kanada, ayam batik, ayam cemani walik, ayam cemani rajek wesi, ayam cemani bulu lidi, ayam cemani bulu jarum, ayam cemani rajeki sodomoro, ayam cemani sanggar delima



Tidak ada komentar: