Beranda

Sabtu, 10 September 2022

Ayam Cemara, Bulu Lidi Atau Bulu Jarum

Unggas yang ada di negeri ini sangatlah banyak jenisnya dan sangat beragam banyak yang menjadikan unggas ini sebagai koleksi oleh para penghobi dan juga di budidayakan. Perlu di ketahui bahwa satwa satwa di negara kita begitu banyak di minati di mancanegara dari jenis unggas khususnya untuk jenis ayam ada banyak di gandrungi di luar negeri. Dari mulai ayam cemani, ayam hutan hijau, ayam hutan merah, ayam bekisar, ayam walik, ayam tukung, ayam putih mulus tembus, ayam tulak dan masih banyak lagi. Jika di sebutkan satu persatu pasti akan panjang dan sangat banyak jumlahnya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu ayam unik yang banyak di gemari dan di cari oleh para penghobi karena memiliki keunikan tersendiri yang tidak di miliki jenis lain. Ayam tersebut bernama Ayam Cemara, mengapa di sebut demikian ? karena bentuk yang unik pada bagian bulu dan sangat berbeda dengan ayam biasa, maka hewan exotis ini di sebut sebagai ayam cemara.

Ayam Cemara
Di artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang ayam cemani rajek wesi atau yang dulu di sebut dengan rajeki sodomoro, dengan ciri khas bulu yang bentuknya seperti batang lidi dan runcing. Hal inilah yang membuat ayam cemani jenis ini sangatlah langka dan jarang di temukan dan bisa juga di bilang mbahnya atau moyangnya ayam cemani.

Begitupun dengan ayam cemara cirinya tidak berbeda dengan ayam cemani rajek wesi, yang membedakan dari kedua ayam tersebut adalah yang satu adalah ayam cemani yang tentu saja sobat sudah banyak mengetahui bahwa unggas yang satu ini memiliki warna yang hitam pada bagian bulu, kulit, daging dan tulang yang juga berwarna hitam sama seperti ayam cemani pada umumnya. Sedangkan pada ayam cemara memiliki warna bulu yang cenderung dominan serta warna kulit, daging, tulang, dan pada bagian wajah tidak seperti ayam cemani. Terkadang ada juga yang berwarna polos pada bulu ayam cemara seperti putih dan hitam.

Tentu saja ayam cemara tak lepas dari mitos yang selalu di kaitkan dengan dunia ngibul gaib dan perdukunan. Banyak para dukun bergelar Kyai dan Ustadz yang mengaku paham dengan hal hal gaib dan mistis meski hal itu adalah dongeng dan banyak orang atau bahkan hampir di seluiruh dunia percaya akan hal itu karena di ceritakan turun temurun oleh para orang tua kita. Dan tentu saja hal itu juga tak lepas dari agama yang berperan dalam cerita tersebut, karena selama orang masih percaya dengan agama pastinya mereka tetap percaya dengan hal hal ngibul dunia mistis. Padahal sejatinya keduanya hanyalah mitos.

Hal inilah yang dimanfaatkan para dukun dukun tersebut untuk mendapatkan uang, dengan menipu dan mengklaim dirinya mengerti akan hal hal yang tidak kasat mata. Dan mengapa para dukun tersebut kebanyakan bergelar Ustadz atau Kyai ? karena jika tidak dikaitkan dengan agama, tentu saja orang tak akan percaya, karena satu satunya dongeng yang masih betul betul sangat di percaya adalah cerita dongeng yang berbau agama.

Ayam Cemara

Cara dukun menipu tentu saja sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya dan pastinya tak akan jauh berbeda dengan cara menipu menggunakan ayam cemani sebagai medianya. Yang berbeda hanyalah alasan dan karangan karangan cerita saja yang nanti dibuat oleh para dukun berkedok agama tersebut agar orang terpengaruh dan secara psikologi terintimidasi dengan cerita karangan mereka sehingga mau membayar apa saja yang di minta oleh para dukun tersebut.


Sebagai manusia yang sudah cerdas, tentu saja kita tahu bahwa ayam cemara adalah anugrah semesta yang sangat unik yang patut kita jaga dan kita lestarikan agar terhindar dari kepunahan. Dan sudah sepantasnya kita bersyukur akan anugrah ini dan turut serta membudidayakan yang pastinya akan membawa keberuntungan serta aset di kehidupan kita dari generasi ke generasi.

Salam sejahtera penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot
Ishak Juragan Cemani Juragannya Cemani Indonesia, Pakarnya Ayam Cemani
Instagram : @ishakcemani

Kata Terkait :

ayam rajek wesi, ayam cemara, ayam bulu lidi, ayam bulu jarum, mengenal ayam cemara, jenis jenis ayam cemara, macam macam ayam cemara, ayam cemani bulu lidi, ayam cemani cemara, ayam cemani bulu landak, mitos ayam cemara, jual ayam cemara, ternak ayam cemara, keunikan ayam cemara, ciri ciri ayam cemara, ayam cemani walik, ayam cemani jepun, ayam tukung, ayam hutan hijau, ayam hutan merah, ayam tulak, ayam putih mulus, ayam mata putih, ayam paruh putih, ayam kaki putih, beli ayam cemara, bibit ayam cemara, ayam bekisar, ayam cemara

Tidak ada komentar: