Beranda

Rabu, 14 September 2022

Ayam Kate : Unggas Fenomenal Yang Masih Digemari Dari Dulu Hingga Masa Kini

Mengulas tentang seputar dunia ayam memang tak pernah ada habisnya, semakin dibahas semakin membuat rasa penasaran yang tak pernah ada habisnya. Dengan keaneka ragaman yang begitu banyak jumlahnya tentu saja menjadi banyak pertanyaan di kalangan para penghobi yang sangat cinta dengan unggas khususnya ayam hias.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu yang sangat fenomenal yang sudah di kenal sejak zaman dulu bahkan di kalangan orang dewasa juga sangat mengenal tentang ayam ini. Selain ayam cemani, ayam hutan hijau, ayam putihayam hutan merah, ayam bekisar, ayam tukung, ayam tulak, ayam walik, ayam batik kanada, ayam kapas dan batik italia jenis ayam yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu yang sangat terkenal bahkan di kenal oleh banyak masyarakat dari orang dewasa hingga anak anak.
Ayam Kate Jantan
Yup...jenis ayam yang sangat populer itu adalah Ayam Kate !!! Siapa yang tak kenal dengan jenis unggas fenomenal tersebut, bahkan ayam yang satu ini sangat terkenal di seluruh pelosok Nusantara. Ayam kate banyak di jadikan sebagai peliharaan favorit oleh para penghobi sebagai hiasan pekarangan rumah. Bentuknya sangat lucu dan sangat unik, memiliki perwakan tubuh yang kecil dan pendek dan berbagai macam warna cantik sehingga tidak heran banyak suka dengan ayam ini.

Bentuk ayam kate sangatlah lucu, dengan ukuran tubuh yang mungil dan menggemaskan dengan bagian dada yang terlihat membusung membuatnya terkesan angkuh dan sombong, sehingga banyak sekali yang ingin memelihara untuk hobi atapun hanya sekedar hiasan atau klangenan karena ayam kate sangatlah mudah jinak. Untuk perwatannya sendiri sangatlah mudah, tidak perlu lahan yang luas untuk memlihara ayam imut yang satu ini. Ayam kate dalam pemelihara dapat di umbar seperti ayam kampung pada umumnya sehingga tidak membutuhkan perlakuan khusus dalam memlihara ayam ini.

Baca Juga : Ayam Rajeg Wesi

Karena sangat mudah dalam pemeliharaan dan perawatan populasi ayam kate sangatlah luas dan salah satu faktor utama yang mempengaruhi adalah ayam ini sangatlah cepat dalam berkembang biak. Ayam kate betina dengan ukuran tubuh yang sangat kecil dan mungil itu mampu bertelur dalam jumlah yang banyak hingga lebih dari 10 butir. Terkadang ketika anak anaknya baru memasuki usia dua bulan, ayam kate betina sudah mulai bertelur kembali.

Ayam Kate Walik Jali

Untuk itulah ayam kate sangat mudah di jumpai di lingkungan sekitar kita, dan mungkin sobat sering menemukannya di lingkungan area sekitar atau bahkan ketika berkunjung ke tempat kerabat dan secara tak sengaja menemukan ayam lucu nan unik ini. Populasi ayam ini bahkan tersebar luas hampir keseluruh penjuru dunia, namun ayam kate adalah asli berasal dari Indonesia negeri kita tercinta.

Baca Juga : Ayam Selap

Warna yang dimiliki ayam kate juga sangat cantik, ada berbagai macam jenis warna pada ayam ini sehingga membuatnya semakin menarik. Ada jenis ayam kate yang memiliki bulu warna merah dengan dominan hitam, ada yang berwarna jalak wido, ada yang berwarna cokelat, ada yang berwarna abu abu, kuning, warna jali atau sekull, ada juga yang berwarna hitam dan putih polos yang tentunya akan membuat sobat semua semakin tertari dan jatuh cinta dengan ayam mungil yang satu ini.

Ayam Kate Walik Betina

Bagaimana, apakah sobat tertarik untuk menjadikan ayam cantik ini sebagai hiasan pekarangan dan untuk menambah koleksi hewan peliharaan sobat semua. Tentunya akan menambah rasa bahagia dan rasa cinta terhadap sesama dalam kehidupan kita semua.

Salam sejahtera penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot
Ishak Juragan Cemani Juragannya Cemani Indonesia, Pakarnya Ayam Cemani
Instagram : @ishakcemani

Kata Kunci Terkait :

ayam hias, ayam kate indonesia, jenis jenis ayam kate, ayam kate jakarta, ayam kate walik, ayam kate keriting, ayam kate kribo, ayam kate betina, ayam kate jantan, ayam kate bogor, ayam kate bekasi, ayam kate tangerang, ayam kate depok, macam macam ayam kate, harga ayam kate, kegunaan ayam kate, jual ayam kate, beli ayam kate, ayam kate serama, hobi ayam kate, ternak ayam kate, ciri cciri ayam kate, memelihara ayam kate, ayam kate 

Tidak ada komentar: