Beranda

Selasa, 23 Agustus 2022

Mengenal Ayam Hutan Merah

Kemarin kita telah membahas salah satu plasma nutfah asli Indonesia yang banyak di gemari oleh para penghobi bahkan hingga ke mancanegara yaitu ayam hutan hijau. Dan kali ini kita akan membahas tentang salah satu unggas yang juga menjadi favorit dan banyak dicari oleh para kolektor unggas. 

Bentuk dan ukuran tubuh ayam ini tak berbeda dengan ayam hutan hijau dan nama ayam yang satu ini adalah Ayam Hutan Merah. Memiliki nama latin Gallus Gallus unggas yang satu ini bisa di bilang masuk dalam kategori burung sama seperti saudaranya yaitu ayam hutan hijau.

Ayam Hutan Merah

Ukuran Ayam Hutan merah berukuran 78 cm sedangkan ukuran betina lebih kecil yaitu berukuran 46 cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hitam hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Kaki berwarna kelabu dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua kekuningan dengan garis-garis dan bintik gelap.

Sedangkan pada ayam hutan merah betina memiliki warna bulu coklat keemasan dan pada bagian leher juga memiliki warna bulu coklat dengan campuran warna emas. Ukuran ayam hutan merah betina sama seperti pada ayam hutan hijau, namun bentuk wajah dan warna bulunya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Ayam hutan merah biasanya hidup berkelompok, pada ayam jantan dengan beberapa ayam betina. Di pagi dan sore hari, mereka keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan Ayam hutan Merah terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan pop dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.

Ayam Hutan Merah Betina

Dan sekarang banyak dari para penghobi hewan peliharaan khususnya para penghobi unggas yang sangat ingin memiliki ayam hutan merah ini. Karena selain dari bentuknya yang sangat cantik, ayam hutan merah juga memiliki suara kokok yang merdu. Dan jika di taruh di pekarangan akan menambah nuansa asri rumah bagaikan di alam pegunungan.

Bagaimana apakah sobat semua tertarik untuk memiliki ayam hutan merah yang cantik ini ???

Pada artikel selanjutnya jika beruntung saya akan membahas tentang perbedaan ayam hutan merah sumatra dengan ayam hutan merah jawa.

Salam sejahtera penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot.
Ishak Juragan Cemani Juragannya Cemani Indonesia, Pakarnya Ayam Cemani.
Instagram : @ishakcemani 

Kata Terkait :

ayam hutan, ayam hutan merah, ayam hutan merah sumatera, ayam hutan merah jawa, ayam hutan merah di jakarta, ayam hutan merah jabodetabek, ayam hutan merah jantan, ayam hutan merah betina, jenis jenis ayam hutan merah, macam macam ayam hutan merah, jual ayam hutan merah, beli ayam hutan merah, ternak ayam hutan merah, harga ayam hutan merah, ayam hutan merah bogor, ayam hutan merah depok, ayam hutan merah tangerang, ayam hutan merah bekasi, ayam hutan merah jinak, ayam hutan merah murah, ciri ciri ayam hutan merah, keunikan ayam hutan merah, ayam hutan merah lombok, ayam hutan hijau jantan, ayam hutan hijau betina, ayam hutan hijau lombok, ayam hutan hijau jawa, ayam hutan hijau di jakarta, ayam hutan hijau jabodetabek, keunikan ayam hutan, ciri ciri ayam hutan hijau, jenis jenis ayam hutan hijau, ayam cemani, ayam tulak, ayam walik, ayam putih tembus, ayam rajek wesi, ayam tukung, ayam cemani walik, ayam hitam





Tidak ada komentar: