PExPYnl7KTBHiBLGWEu5c6K16sHSxZWZXF94NXP7

Pakar Ayam Cemani !!! Menyediakan Ayam Cemani Berkwalitas untuk syarat & keperluan ritual juga menyediakan berbagai ayam hias lainnya [ Ayam Kate/Serama, Ayam Kapas, Ayam Tulak, Ayam Putih Mulus, Ayam Tukung, Ayam Walik, Ayam Cemara ( NB. kami pernah diliput TRANS Media ], dan lain lain. Berkwalitas, unik di jamin hoki. Siap kirim ke seluruh Indonesia via jalur darat & udara | Referensi Terpercaya Ayam Cemani untuk kebutuhan dan hobi | www.IshakCemani.com | Fast Respon TELEPON LANGSUNG.
Chats Me 👇
Chats Me 👇
Fast Respon

Keistimewaan Ayam Pelung Sijumbo Yang Memiliki Kokok Panjang Merdu Mengalun

Ayam lokal asli terbesar memiliki ciri yang unik, tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Salah satu legenda hidup yang sudah ada sejak lama dan bahkan hingga kini penggemarnya masih sangat banyak.

Diantara ayam ras lokal jenis yang satu ini jauh lebih besar, dari segi fisik yang terlihat kokoh penampilan yang terkesan garang sehingga banyak yang tertarik untuk memelihara untuk sekedar hobi maupun diternak.

Ayam Pelung Jantan



Ayam pelung memang sangat istimewa selain karena fisiknya ada keunikan lain yang menjadikannya sangat patut untuk di koleksi yaitu suara kokoknya yang panjang dan sangat merdu mengalun sehingga mirip dengan irama lagu.

Asal Usul Ayam Pelung


Ayam hias yang satu ini berasal dari Jawa Barat tepatnya di daerah Cianjur. Jika sobat pernah pergi kesana tentu akan melihat banyak masyarakat setempat yang memelihara ayam pelung. Karena fisiknya yang besar awalnya dipelihara untuk di jadikan pedaging, namun karena memiliki keunikan pada suara kokoknya kemudian di seleksi dan di jadikan sebagai hiasan bahkan sering kali di ikut sertakan dalam lomba.

Kata istilah pelung sendiri berasal dari bahasa sunda yang mawelung atau melung yang memiliki arti melengkung. Karena setiap kali berkokok suara sangat panjang hingga leher sampai melengkung dan kepalanya menunduk.

Ciri Ciri Ayam Pelung 


Seperti yang telah di sebutkan tadi, bahwa ukuran ayam pelung lebih besar dari ayam biasa. Untuk bobot pejantan bisa mencapai 3 kilogram bahkan untuk yang berukuran jumbo bobotnya bisa mencapai 6 kilogram. Untuk ayam pelung yang asli biasanya memiliki tubuh jumbo yang sangat besar besar

Dan jengger pada ayam pelung jantan biasanya juga sangat besar dan bergerigi atau biasa disebut wilah dalam bahasa jawa. Untuk warnanya sendiri juga bervariasi ada yang memiliki warna campuran merah, ada yang berwarna kuning polos, jalak, wido, putih, jali ada juga yang hitam.


Pada betina ayam pelung bentuk tubuhnya juga lebih besar dari pada ayam biasa. Berbentuk jumbo dan untuk yang dewasa memiliki bobot 3 sampai 4 kilogram.

Merawat Ayam Pelung


Dalam hal perawatan dan pemeliharaan, ayam pelung termasuk cukup mudah. Namun untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah diperlukan pakan khusus dan pakan tersebut biasanya racikan antara jagung, gabah, kacang hijau, beras merah, ketan hitam, konsentrat dan juga tambahan vitamin jika untuk di ikut sertakan dalam lomba.

Ayam pelung juga bisa di pelihara seperti ayam kampung biasa. Dapat dilepas liarkan secara bebas di pekarangan tanpa harus diberikan pakan khusus setiap harinya. Faktor gen dan keturunan juga menentukan bagus atau tidaknya ayam pelung yang akan dipelihara.

Dari waktu ke waktu semakin banyak yang mengadakan kontes ayam pelung di kalangan para penyuka ayam tersebut. Hal ini bertujuan agar keberadaannya semakin populer dan semakin banyak orang mengenal unggas yang sangat menarik ini khususnya pada generasi muda dan terus berkembang.

Ayam Pelung Betina



Tak banyak yang tahu selain cemani dengan warna hitamnya yang khas, ayam pelung sangatlah terkenal dan sangat di gemari khususnya di Eropa. Bahkan orang orang disana ingin sekali mendapatkan bibit yang asli dengan trah yang baik agar bisa di kembangkan di negara mereka. Suara lolongan yang unik berirama serta bentuknya yang gagah adalah daya tarik yang tak dapat dipungkiri itulah yang membuatnya di kagumi di mancanegara.


Sekarang ini semakin banyak ayam asli Indonesia yang sangat di gemari di mancanegara seperti ayam hutan hijau, ayam hutan merah dan ayam bekisar. Keunikan dan keindahannya memang sangat memukau namun sayangnya banyak dari masyarakat kita kurang menyadari bahwa terdapat berbagai macam kearifan lokal yang begitu terkenal di luar negeri. Baik ayam pelung dan ayam unik lain asli Nusantara patutlah dijaga kelestariannya, karna merupakan salah satu aset hidup demi generasi kita.


Salam sejahtera penuh rahmat dari alam semesta dan tanpa banyak bacot.
Ishak Juragan Cemani Juragannya Ayam Cemani Indonesia yang paling nge-rock, metal gak banyak bacot dan gak lebay di seluruh penjuru dunia.

Follow 👇👇
Instagram : @ishakcemani



Posting Komentar